Biona organic rice bran adalah kulit ari beras (bekatul halus, bukan dedak) yang dibudidayakan secara organic, yang dihasilkan dari penyosohan kedua brown rice, dan diayak serta diolah secara higienis.

Mengandung berbagai macam vitamin (B1, B2, B3, B5, B6 dan tokoferol), mineral, serat pangan serta oryzanol dan pangamic acid (vitamin B15). Rice bran berkhasiat sebagai antioksidan dan melancarkan pencernaan.

Secara ilmiah juga terbukti mampu membantu penyembuhan berbagai penyakit seperti:

(1) kolesterol tinggi, (2) Tumor/kanker, (3)kanker kolon, (4) Atherosklerosis (penyempitan pembuluh darah karena lemak (kolesterol), (5) Heart infarct (serangan jantung karena penyumbatan pembuluh darah), (6) Coronair insufficiency (gangguan alliran pembuluh darah jantung, (7) Asthmabronchiale (bengek), (8) Sirosis hepatitis (penyakit hati), (9) Anorexia (kurang nafsu makan), (10) Diabetes Mellitus (kencing manis), (11) Hipertensi (tekanan darah tinggi), (12) Hipotensi (tekanan darah rendah), (13) Obesitas (kegemukan), (14) reumatik, (15) Basedov (Gondok).

Petunjuk Praktis Pemakaian Bekatul:

  1. Untuk menjaga kesehatan/stamina, konsumsi 30 gram sehari (15 gram/1 sendok makan pagi dan 15 gram sore atau 30 gram sekaligus pagi.)
  2. Setiap 1 sendok makan (1 sdm) munjung (15 gram), diseduh dengan 1 gelas (200 cc) air mendidih.
  3. Bekatul dapat dimakan dengan pisang, roti, atau diminum dengan cara dingin atau hangat-hangat kuku, misalnya the manis, kopi manis, susu, air kaldu, gula merah, gula putih, gula obat (bagi penderita diabetes mellitus), coklat, sup, bubur kacang hijau, havermout, mie instant, santan kelapa, dan lain-lain.
  4. Khusus penderita diabetes mellitus, hendaknya jangnan memakai cairan yang mengandung gula.
  5. dalam rangka pengobatan penyakit, disarankan untuk memberikan tambahan makanan bekatul. Obat-obatan dari dokter tetap harus dipakai. Konsultasikan pada dokter setelah 2 – 4 minggu untuk menilai khasiat bekatul sebagai makanan tambahan. Bila perllu dosis bekatul dapat ditingkatkan, misalnya 3 x 25 gram, 3 x 30 gram, dst.
  6. Untuk mengobati penyakit, dosis yang dianjurkan 2 x 1 sdm (30 gram) pagi hari dan 1 sdm sore hari. Bila perlu, dosis dapat ditambah 3 x 1 sdm (45 gram) pagi, siang dan sore 1 sdm; atau 2 x 2 sdm (60 gram) sehari, pagi 2 sdm, sore 2 sdm; atau 3 x 2 sdm (90 gram).
  7. Bila anda menderita kista ovarium, sambil menunggu operasi dan mendapat obat-obat dari dokter kandungan boleh mencoba makan bekatul 3 x 1 sdm. Dari beberapa kasus penderita kista (masih kecil, sebesar bola ping pong), setelah makan bekatul hilang total dalam beberapa minggu.
  8. penyakit yang tidak berbahaya sama sekali, tetapi sangat mengganggu kegiatan sehari-hari seperti telapak tangan dan kaki yang sangat mudah/sering berkeringat dapat pula mengonsumsi bekatul.
  9. Bagi mereka yang tidak dapat makan bekatul, dianjurkan untuk menggunakan cara lain. Campurkan bekatul dengan air panas, diaduk, lalu dibiarkan ampasnya mengendap. Ambillah cairannya, dimana sudah terlarut vitamin-vitamin B kompleks, termasuk vitamin B15 yang sangat mudah larut dalam air.

Cobalah konsumsi bekatul tujuh hari berturut-turut untuk mendapatkan manfaat nyata bekatul.

Keistimewaan beras merah

Beras merah telah dikenal sejak tahun 2800 SM. Oleh para tabib dipercaya memiliki nilai medis untuk memulihkan rasa tenang dan damai. Pada masa kini, para ahli makrobiotik telah pula menyatakan persetujuannya.

Dibandingkan dengan beras putih, kandungan karbohidrat beras merah lebih rendah (78,9 gr : 75,7 gr), tetapi hasil analisis menunjukkan nilai energy beras merah justru di atas beras putih (349 kal : 353 kal).

Selain lebih kaya protein (6,8 gr : 8,2 gr), hal tersebut disebabkan kandungan tiaminnya yang lebih tinggi (0,12 mg : 0,31 mg).

Kekurangan tiamin bisa mengganggu system saraf dan jantung, dalam keadaan berat dinamakan beri-beri, dengan gejala awal nafsu makan berkurang, gangguan pencernaan, sembelit, mudah lelah, semutan, jantung berdebar, dan reflex berkurang.

Unsure gizi lain beras merah adalah fosfor (243 mg per 100 gr bahan). Kecukupan yang dianjurkan untuk pria berusia 20 – 45 tahun adalah 500 mg per hari, sedangkan untuk wanita 450 mg per hari).

Lantaran kemampuannnya itu pula kenapa Dr Morton Walker dan Joan walker, penulis Sexual Nutrition : The Lover’s Diet, mengindikasikan pria yang “setengah hati” berhubungan seksual, kurang mampu “mengangkat senjata” atau mengalami penurunan “semangat juang” maupun loyo di tengah “medan perang”, sebagai pria yang kekurangan fosfor, sebab tidak cukup banyak karbohidrat, lemak, dan protein yang bisa diurainya menjadi energy.

Akibat lain kekurangannya adalah minimnya produksi hormone seks laki-laki, testoteron. Cairan reproduksi laki-laki sebagian besar berisi lesitin. Kemampuan seksual bisa melorot jika jumlah lesitin merosot. Lesitin sendiri merupakan hasil kerja bareng antara fosfor, nitrogen, asam lemak, dan gliserol.

Selenium merupakan elemen kelumit (trace element) yang merupakan bagian esensial dari enzim glutation peroksidase. Enzim ini berperan sebagai katalisator dalam pemecahan peroksida menjadi ikatan yang tidak bersifat toksik-peroksida dapat berubah menjadi radikal bebas yang mampu mengoksidasi asam lemak tidak jenuh dalam membrane sel sehingga merusak membrane tersebut, menyebabkan kanker dan penyakit degenerative lainnya.

Jadi, jika anda tidak mau cepat lelah, tak ingin gampang loyo saat “bertempur”, serta tidak siap mendapat kanker kolorektal, paru-paru atau prostat, mulailah membiasakan mengonsumsi beras merah.

Resep Praktis

Minuman rice bran:

Seduh 15 gram (1 sdm munjung) bekatul dengan air panas, tambahkan 15 cc madu dan garam. Minum selagi hangat.

Catatan: organic rice bran sudah di olah sehingga siap saji, sehingga bisa langsung dikonsumsi cukup dengan menambahnya di aneka minuman seperti susu, wedang jahe, kopi, dsb.

Bagi yang sedang diet, campurkan 15 gr rice bran dengan 1 sachet energen. Jadikan menu sarapan anda. Untuk membuat nasi beras tumbuk, campurkan rice bran dengan beras yang akan anda masak.

Jus taoge dan nanas

Bahan: taoge 15 gram, seduh dengan air mendidih lalu tiriskan. Nanas 1 buah dikupas, dicuci dengan sedikit garam lalu potong kecil-kecil, Bekatul 1 sdm (15 gram), air 750 cc, gula/madu secukupnya.

Cara membuat: blender taoge dan nanas bersamaan, tambahkan air lalu saring. Tambahkan bekatul, gula/madu. Sajikan dalam keadaan dingin.

Efek awal mengonsumsi bekatul

–          Pada permulaan pemakaian bekatul terkadang menimbulkan diare, tetapi selanjutnya akan biasa lagi. Bila masih diare, dosisnya dikurangi, misalnya pagi ½ sdm, sore/malam ½ sdm (untuk penyesuaian).

–          Terkadang susah buang air besar (sangat jarang terjadi). Jika hal ini terjadi, disarankan untuk banyak makan sayuran, papaya atau dicampur agar-agar.

–          Terkadang memberikan rasa mual bagi penderita maag. Disarankan memakai bekatul lebih encer dan jangan di makan sekaligus (misalnya 1 sdm dicampur dengan 1 gelas air minum) atau memakannya dicampur dengan agar-agar. Dengan cara ini, sakit maag yang timbul akan berkurang, bahkan sembuh.