Berbagai cara dilakukan untuk memiliki tubuh ideal. Tanpa memikirkan efek samping, pembatasan makanan biasanya menjadi andalan untuk mewujudkannya. Mereka pun akhirnya terjebak pada pola diet yang tak sehat.

Diet buruk adalah pola makan yang justru membuat Anda tidak sehat, merasa kelaparan, serta kurang gizi. Lima hal berikut merupakan tanda bahwa diet Anda buruk dan harus segera diperbaiki.

Gusi berdarah

Jika gusi Anda seringkali luka terutama saat sikat gigi, atau sariawan, bisa jadi makanan yang Anda konsumsi kurang memenuhi kebutuhan vitamin C untuk tubuh. Bisa juga ditandai dengan bibir kering, pecah atau berdarah. Untuk itu, konsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C. Untuk mempercepat, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin C. Jangan biarkan tubuh kekurangan vitamin C, perbaiki menu diet Anda.

Rambut rontok

Rambut rontok bisa jadi penanda bahwa Anda kekurangan zat besi atau perubahan hormon secara drastis. Hal itu disebabkan karena pola makan yang tidak teratur, asupan gizi yang kurang, atau stres. Jangan sampai diet membuat Anda kekurangan zat besi dan mengubah siklus hormon secara drastis. Biasanya diet yang buruk membuat Anda kekurangan protein, serta vitamin A dan D yang membuat kualitas akar rambut menurun dan memicu kerontokan.

Sering patah tulang

Saat tulang dalam keadaan sangat rapuh, Anda akan mudah sekali mengalami patah tulang. Hal ini menandakan tubuh kekurangan kalsium, atau mungkin Anda menghindari produk susu, atau makanan berprotein tinggi saat diet. Kekurangan kalsium, protein dan phospor bisa membuat tulang rapuh. Terutama jika Anda kurang berolahraga. Sebaiknya jika memang Anda diet, penuhi kebutuhan kalsium dengan berjemur pada pagi hari, minum yogurt tawar atau susu kedelai dan konsumsi ikan.

Kulit kering

Kulit kering, bahkan bersisik biasanya terjadi karena Anda kekurangan vitamin E. Meskipun Anda sudah menggunakan pelembab, tetapi jika tubuh kekurangan vitamin E, kulit akan terlihat kusam dan kering. Untuk itu, perbanyak konsumsi kacang-kacangan, karena mengandung banyak vitamin E. Jangan biarkan diet merusak kecantikan kulit Anda.

Kuku rapuh

Jika makanan Anda kurang gizi, kuku Anda akan sangat rapuh. Sehingga, mudah patah, mengelupas atau muncul bintik putih. Hal itu karena Anda kekurangan protein, vitamin E, dan kalsium. Perbaiki menu makanan dengan menu yang kaya vitamin serta olesi kuku dengan miyak zaitun. (pet)

Efektifkah Diet Vegetarian

Banyak orang mengurangi asupan makanan berlemak, seperti daging, demi memiliki berat tubuh langsing ideal. Tak jarang mereka memaksakan diri menjadi seorang vegetarian. Tapi, efektifkah?

Konsultan gizi, dr Luciana B. Sutanto, mengatakan, diet vegetarian kurang tepat jika dikaitkan dengan tujuan menurunkan berat badan. Penurunan berat badan lebih dipengaruhi asupan kalori dari makanan dan keluaran kalori dari aktivitas fisik.

Diet vegetarian tidak berarti kandungan kalori makanan yang dikonsumsi rendah. Semuanya bergantung jenis bahan makanan, cara mengolah dan jumlah yang dikonsumsi. Yang perlu diperhatikan adalah asupan protein dari berbagai zat gizi dan kecukupannya harus terpenuhi.

Ia mengatakan, diet vegetarian tak bisa sembarangan dilakukan. Selain harus memastikan sayur yang dikonsumsi bebas pestisida, seorang vegetarian juga harus pandai mengatur variasi menu seperti polong-polongan, buah-buahan, sayuran dan serat. Baik juga menambahkan produk kacang kedelai di menu Anda.

Orang yang mengurangi asupan protein hewani dan meningkatkan protein nabati memang cenderung memiliki kadar lemak dan kolesterol yang rendah dalam tubuh. Agar diet vegetarian efektif bagi kesehatan tubuh, pilih sumber protein secara selektif.

VIVAnews