Ubi Bit Merah atau dalam bahasa Inggeris; beetroot (Beta vulgaris subsp. vulgaris var. vulgaris), juga dikenali sebagai bit meja (table beet), bit taman (garden beet), bit merah (red beet) atau secara tidak formal hanya disebut sebagai bit sahaja, adalah salah satu dari kepelbagaian jenis tumbuhan bit yang kebanyakannya hidup meliar dan tumbuh subur di Amerika Utara dan Britain.

Kegunaan

Sebagai akar ubi sayur

Pada kebiasaannya, akar ubi merah yang paling dalam akan dijadikan resipi santapan setelah ia dituai, dibersihkan dan dipotong segar serta direbus sehingga lembut terlebih dahulu. Ia juga turut digunakan sebagai sayuran dalam masakan sayur campur, atau dalam keadaan sejuk ia juga digunakan sebagai hidangan salad yang enak. Hidangan salad ubi bit merah lebih sedap jika dimasak atau digaulkan bersama minyak bijan atau minyak bunga matahari atau minyak zaitun serta ditambah sedikit dengan campuran cuka. Jika tidak suka dengan campuran pelbagai jenis minyak dan cuka, cukuplah hanya sekadar dimakan mentah atau campuran daun saderi, tomato, kentang dan lain-lain jenis sayuran. Sedap dihidangkan dengan campuran mayonis yang sejuk dan segar. Ubi bit kuning pula pada kebiasaannya ditanam ke halaman rumah pada skala penanaman yang amat kecil cukup untuk penggunaan sesuatu isi rumah saja.

Daun juga sebagai makanan

Daun pokok Ubi Bit Merah juga boleh dibuat makan, dijadikan sebagai ulam-ulaman, ia lebih sesuai direbus kerana rasa dan teksturnya apabila dimakan lebih seakan-akan seperti memakan sayur bayam.

Kaya Khasiat

Meski kurang familier di tengah masyarakat, namun di kalangan medis tanaman ini sudah tak asing lagi. Bahkan tidak sedikit dokter yang merekomendasikan pasiennya untuk mengonsumsi bit merah. Itu karena beetroot ini memiliki khasiat yang luar biasa.

Informasi yang diperoleh MedanBisnis, dari beberapa situs, buah beet ini sudah sejak abad 16 dikembangkan di Eropa Pusat dan Eropa Timur. Di Eropa, beetroot digunakan untuk mengobati kanker karena mengandung betanin yang tinggi dalam sayur. Di Roma, dahulunya beetroot ini digunakan sebagai zat perangsang.

Banyak nutrisi yang terkandung dalam buah beet, diantaranya mengandung vitamin A, B dan C, calcium, phosphorous, potassium, magnesium, iron, asam folik, folat, betanin, beta-carotene, lycopene, antioksidan dan serat.

Selain itu beetroot juga mempunyai kandungan boron yang secara langsung memproduksi hormon kelamin manusia. Beetroot efektif juga untuk memberantas demam dan memelihara tingkat kestabilan gula darah. Beberapa penelitian menunjukkan beetroot juga membantu untuk menghalangi pertumbuhan tumor, tapi juga mengurangi pertumbuhan kanker.

Banyak lagi kandungan beetroot yang dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit, seperti penangangan tekanan darah tinggi, depresi, alzheimer, dementia, dan penyakit yang berhubungan dengan digestif. Kemudian, bermanfaat untuk pembentukan darah, untuk diet, karena beetroot tidak mengandung lemak, sedikit kalori dan sumber serat yang istimewa.

Sedangkan akar dan daun hijaunya mengandung zat besi, kalium, folat dan vitamin C, sehingga bagus untuk asupan wanita hamil. Jus beetroot mengandung zat yang dapat membuat butir-butir darah merah, sehingga jus ini juga baik dikonsumsi oleh pasien yang terkena penyakit demam berdarah.

Tidak hanya itu, beetroot juga berfungsi sebagai antioksidan alami. Meskipun begitu beetroot jangan diminum terlalu banyak karena sifatnya adalah pembersih tubuh yang agak keras terutama membersihkan hati. Karena itu, dalam sehari-hari jus bit hanya boleh diminum setengah liter saja. Apabila diminum terlalu banyak, beetroot dapat membuat pusing.

Menurut para peneliti dari University of Exeter dan the Peninsula Medical School, kunci meningkatkan stamina cukup sederhana, hanya dengan minum segelas jus buah bit. Bahkan menurut peneliti, dengan mengonsumsi jus bit setiap harinya dapat membantu kita berolahraga tanpa rasa capek. Di samping itu, setengah liter jus bit setiap hari efektif menurunkan tekanan darah dan memperbaiki kesehatan.

Masih menurut penelitian yang sama, jus bit memperlihatkan hasil yang menakjubkan karena manfaatnya melebihi rutinitas olahraga yang teratur di bawah pengawasan pelatih profesional. Ya meskipun rasanya kurang sedap, tapi pengaruhnya bisa dirasakan oleh banyak orang dari berbagai usia, mulai dari mereka yang masih aktif bekerja ke kantor sampai mereka yang pensiun tak punya kantor lagi.

Namun, ada juga yang beranggapan bahwa jus bit adalah jus yang terbaik untuk kesehatan. Karena kandungan bit menyeimbangkan kadar basa dan asam, sehingga sangat bagus bagi keseimbangan tubuh. Walaupun mengandung karbohidrat, kalorinya rendah. Jadi jangan khawatir, menyantap bit tidak akan menaikkan berat badan.

Hanya saja, dalam mengasup jus bit, sebaiknya akar bit dicampur dengan buah atau sayur lainnya, karena akar bit saja bisa membuat tali pita suara kaku dan sulit bicara dalam waktu tertentu, kecuali minum jus murni dari akar bit organik yang justru akan menyembuhkan kekakuan atau kelumpuhan pada pita suara.

Manfaat lain dari bit adalah sebagai sumber pewarna merah alami.  Sebagian pengrajin kue menggunakan bit sebagai bahan pewarna pada beberapa kue-kue Indonesia yang menggunakan warna merah, seperti kue pepe atau lapis sagu.

Bahkan awal pembuatan Red Velvet Cake yang menjadi simbol kue Amerika bagian selatan adalah menggunakan jus bit bukan pewarna merah buatan seperti yang sekarang umum dipakai.