Kebun dalam bahasa Indonesia adalah sebidang tanah, biasanya di tempat terbuka, yang mendapat sentuhan tangan manusia dan ditanami oleh berbagai macam tumbuhan. Pengertian kebun bersifat umum karena lahan yang tidak ditanami (dibiarkan liar) pun dapat disebut kebun, asalkan berada di wilayah pemukiman. Dalam keadaan demikian, kebun dibedakan dari hutan dilihat dari jenis dan kepadatan tumbuhannya.

Kebun sebagai taman

Adalah lahan yang sengaja ditanami berbagai macam tumbuhan, baik untuk kepentingan keindahan (seringkali berupa pekarangan), peragaan (misalnya di kebun botani), atau pemenuhan kebutuhan sehari-hari, serta

Kebun dengan pengertian ini disebut juga sebagai taman dan kegiatannya dmencakup dalam bidang gardening (diindonesiakan menjadi pertamanan).

Kebun sebagai lahan usaha

Adalah pemanfaatan kebun sebagai lahan untuk usaha budidaya lahan kering.

Kebun dengan pengertian ini mengarah pada usaha produksi berorientasi bisnis dan kegiatannya dipelajari dalam bidang perkebunan (estate management) serta budidaya tanaman. Kebun dengan pengertian kedua ini dapat mencakup lahan dengan luasan sangat bervariasi, mulai dari beberapa meter persegi hingga ribuan hektare. Apabila berukuran kecil dan ditanami tumbuhan semusim dapat disebut sebagai ladang. Penggarapan kebun selalu melibatkan perencanaan sebelumnya dan dapat memasukkan unsur-unsur alami.

Sumber Wikipedia

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s